Laman

Minggu, 27 Mei 2012

Makanan yang Perlu Dihindari Untuk Penyakit Maag

Selama berpuasa, asupan makanan dan minuman harus menjadi perhatian terutama pada penderita sakit maag. Selama puasa, sebisa mungkin menghindarkan diri dari makanan yang menyebabkan atau memperberat gejala sakit maag.

Makanan dan minuman apa saja yang sebaiknya dihindari penderita sakit maag? Dr. dr. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB, FACP (Fellow of American College of Physician), Divisi Gastroenterologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI memberikan daftarnya seperti tercantum di bawah ini:

1. Hindari makanan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat, antara lain sayuran tertentu (sawi, kol), buah-buahan tertentu (nangka, pisang ambon), makanan berserat tertentu (kedondong, buah yang dikeringkan).

2. Jauhi minuman yang mengandung gas (minuman bersoda). 

3. Makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain kopi, minuman beralkohol 5%-20%, anggur putih, sari buah sitrus atau susu dengan kadar lemak tinggi (full cream) harus dihindari. 

4. Jangan lupa untuk menjauhi makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung, seperti makanan berlemak, kue tart, cokelat dan keju.

5. Jauhi makanan yang secara langsung merusak dinding lambung, yaitu makanan yang mengandung cuka dan pedas, merica/lada dan bumbu yang merangsang. 

6. Hindari pula makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan, antara lain alkohol, cokelat, makanan tinggi lemak,dan gorengan. 

7. Selain makanan minuman di atas, ada beberapa sumber karbohidrat yang harus dihindarkan bagi penderita sakit maag, antara lain beras ketan, mi, bihun, bulgur, jagung,ubi singkong, talas, dan dodol. 

“Kegiatan yang meningkatkan gas di dalam lambung juga harus dihindarkan, antara lain makan permen khususnya permen karet dan merokok,” pesan Dr Ari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar