Laman

Minggu, 27 Mei 2012

Pantangan Untuk Penderita Maag


Sakit maag merupakan gangguan kesehatan yang masuk dalam daftar 10 penyakit mematikan versi WHO. Jika Anda belum menemukan obat yang dapat menyembuhkan sakit maag sampai tuntas maka Anda sangat disarankan mengetahui pantangan sakit maag yang harus dihindari.
Pantangan Sakit Maag dan Cara Mengobati Maag
Sakit Maag (Gambar dari Google)
Jika tidak maka maag Anda akan semakin bertambah parah. Resiko fatal yang harus ditanggung adalah kanker lambung, aritmia jantung, menurunnya sistem imunitas tubuh bahkan kematian. Sakit maag memiliki beberapa sebutan lain. Yaitu GERD (Gastro Esophageal Refluk Desease), Dispepsia, dan Heart Burn. Semua mengacu kepada gejala yang sama. Mual, sakit, perih, kembung dan muntah pada organ pencernaan.
Kenapa pantangan penyakit maag ini harus dihindari? Sebab di lambung Anda sedang ada luka. Bahkan mungkin borok. Jika pantangan dilanggar maka akan terjadi kondisi yang jauh lebih parah.
Pantangan yang harus dihindari penderita sakit maag ini juga harus ditaati pada saat pengobatan. Ini untuk memberikan kesempatan kepada obat untuk memperbaiki kerusakan yang ada. Pantangan sakit maag juga harus dihindari setelah kesembuhan. Jangan mentang-mentang sudah sembuh Anda melakukan tindak balas dendam dengan makan sepuas hati.
Apa saja pantang sakit maag yang harus dihindari penderita sakit maag?
  • Gorengan dan makanan yang diolah dengan minyak goreng. Bayangkan jika piring Anda dilumuri terus dengan minyak goreng. Apa yang akan terjadi juga jika hal yang sama terjadi pada lambung dan usus Anda. Minyak goreng ini susah dibersihkan dari lambung dan usus Anda lalu membentuk tumpukan dan kerak sampah berbahaya (toksik). Makanan berlemak seperti dari santan dan daging berlemak juga harus dihindari.
  • Makanan pedas. Kandungan cabe akan menimbulkan iritasi lebih parah lagi pada luka di lambung
  • Makan berat sebelum tidur malam hari. Ini cara tercepat jika lambung Anda ingin rusak. Saat tidur lambung Anda harus istirahat. Bukan lembur bekerja
  • Kopi, susu, teh, dan minuman soda. Jenis minuman ini dapat merangsang produksi asam lambung dalam jumlah lebih banyak. Keluarnya asam lambung berlebih ini tentu dapat Anda rasakan sebagai gejala maag yang sangat menyiksa.
  • Sayuran serat keras. Lambung Anda bukan benda yang terbuat dari besi atau karet ban. Hanya selapis daging yang terdiri dari serat-serat otot. Sayangi dan perlakukan dengan baik. Anda cuma punya satu.
  • Makanan dan minuman panas. Sekali lagi lambung Anda hanya lapisan daging bukan terbuat dari besi.
  • Tidak pernah sarapan dan telat makan. Jangan biarkan perut Anda kosong dalam jangka waktu lama. Dalam kondisi kosong dinding lambung bisa saling bergesekan. Makanlah tepat waktu. Di sela-sela jam makan besar konsumsi camilan sehat dalam porsi tidak berlebihan sangat dianjurkan. Ini untuk menjaga perut Anda tidak kosong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar