Laman

Rabu, 23 Mei 2012

Tips Ringan Sakit Maag

Kali ini saya sharing sedikit tentang sakit maag lagi…dan lagi…
Untuk penatalaksaan sakit maag dapat ditempuh dengan
- obat-obatan: antasida, penghambat asam lambung dan penjaga mukosa lambung
- perbaikan pola hidup:
    o mengatur pola makan yang benar
    o mengindari minuman yang merangsang lambung
    o tidak merokok dan minum minuman keras dan manajeman stress yang baik.
Sampai saat ini di Indonesia sudah banyak obat-obat sakit maag yang dapat dibeli sendiri, biasanya kandungannya adalah antasida dan penghambat asam lambung dalam dosis rendah. Dengan penggunaan sesuai dosis anjuran keamanan obat, ini dapat dijaga.
Bagaimana cara kerja obat maag?
- Antasida bekerja dengan cara menetralisir asam lambung yang meningkat pada keadaan sakit maag, mengembalikan pH lambung ke normal yaitu sekitar 3-4 dari pH 1-2 saat keasaman lambung meningkat. Antasida bekerja lokal di lambung, dalam hitungan menit saat obat mencapai lambung.
- Golongan penghambat asam lambung bekerja pada pompa asam di lambung sehingga pengeluaran asam lambungnya dapat dikontrol. Obat ini bekerja setelah diserap oleh aliran darah di usus dan disalurkan ke lambung, mulai bekerja sekitar dua jam.
- Golongan obat yang dapat menjaga mukosa lambung yang bekerja sama untuk menjaga ketebalan mukosa pertahanan di lambung sehingga tidak mudah terkena sakit maag, mulai kerjanya sama dengan golongan penghambat asam lambung.
Untuk memilih obat maag yang tepat untuk kita yang terbaik adalah mengetahui pencetus timbulnya sakit maag. Selanjutnya kita dapat melakukan pencegahan terhadap pencetus tersebut. Pada saat terjadinya sakit maag, minum obat yang dapat menetralisir asam lambungnya supaya gejalanya dapat berkurang. Namun, jika keluhan berlanjut, segera ke dokter untuk memastikan penyakit yang anda alami.
Pada dasarnya sakit maag bisa sembuh asalkan dilakukan pengobatan yang menyeluruh dan tepat sasaran. Untuk kasus sakit maag yang fungsional selain mengkonsumsi obat-obatan, harus dilakukan upaya untuk menghindari faktor pencetus yang menjadi pemicu kambuhnya sakit maag. Untuk kasus sakit maag yang organik, harus dilakukan upaya menyembuhkan kelainan organik yang terjadi di lambung sehingga sakit maagnya tidak kambuh-kambuh lagi.
Baiklah…selamat menikmati hari ini tanpa sakit maag...

sumber: http://www.ahlinyalambung.com/?q=content/sakit-maag-dan-solusinya%C3%A2%E2%82%AC%C2%A6beberapa-tips

Tidak ada komentar:

Posting Komentar